Senin, 20 Desember 2010

SEPUTAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SEPUTAR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Kemajuan teknologi di era modern ini dapat digunakan untuk berbagai macam aktifitas. Kalau dulu komputer hanya bisa dipakai program-program tertentu saja, tetapi saat ini komputer pun juga bisa digunakan untuk mengolah data. Nah sejak perkembangan teknologi komputer yang dapat mengolah data dengan cepat, tepat dan tidak mengenal lelah ini, berkembang pula informasi yang dapat dihasilkan dari akuntansi dan pemakaian informasi tersebut.

Pengolahan informasi sebenarnya tidak harus dilandaskan pada komputer, akan tetapi seiring dengan perkembangan dunia usaha yang semakin berkembang dan bersaing maka semakin bermasalah kebutuhan informasi yang cepat dan tepat, komputer merupakan alat Bantu yang tepat untuk menyelesaikan permasalahn ini, peranan komputer sekarang terasa sangat besar dan sistem informasi sekarang selalu dikaitkan dengan penggunaan komputer, dan yang paling banyak membutuhkan informasi yang cepat dan tepat serta relevan adalah manajemen di dalam organisasi tersebut.

Saat ini sistem informasi akuntansi tidak hanya terlibat dalam aspek finansial saja, tetapi aspek manajemen juga lebih ditekankan, tidak hanya informasi-informasi ekstern yang berupa laporan-laporan keuangan saja yang dihasilkan, tetapi informasi-informasi intern untuk keperluan dukungan perencanaan dan pengendalian oleh manajemen. 

Jadi sebenarnya sistem informasi akuntansi adalah sistem akuntansi dengan pengembangan informasi lebih luas yang lebih menekankan informasi kepada manajemen tanpa mengurangi informasi kepada pihak luar.
sumber : http://annyyqq.blogspot.com/2010/11/seputar-sistem-informasi-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar